Occupational Cataract

banner 468x60)

Yang dimaksud dengan katarak adalah segala jenis opasitas di lensa disebut katarak. Beberapa derajat ini nampak pada semua lensa.

Lensa mengandung protein lensa terdiri dari sebuah bentuk petern dari serat sitoplasmik diproduksi oleh epitel lensa. Sel ini akan terus menerus menghasilkan serat baru sepanjang hidup. Lensa sendiri akan bertambah tebal dan akan mendorong iris lebih kedepan.

Perubahan kimiawi dan hidrasi dari protein kornea akan menghasilkan berbagai jenis katarak. Perubahan ini mungkin disebabkan oleh berbagai macam bahan termasuk sinar radiasi ultraviolet 300-400nm. Sinar ini akan diserap oleh pusat serat lensa, menyebabkan discolorisasi kecoklatan dari skeloris nukleus lentikular. Proses keradangan occular dan kortikosteroid baik itu topikal maupun sistemik dapat menghasilkan posterior subcapsular cataract.

TYPE OF CATARACTS

1. Katarak yang berhubungan dengan usia (Senile Cataract)

Katarak jni merupakan tipe yng paling sering dijumpai . Beberapa derajat jenisopastas yang paling universal. Perubahan akibat reduksi pada penglihatan biasanya berjalan lambat. Skeloris nuklues merupakan densitas yang meningkat pada central mass of protein menyebabkan perubahan myopia yang dapat dikoreksi dengan memberikan kacamata untuk beberapa tahun.

2. Congenital Cataract

Katarak jenis ini dapat unilateral dan bilateral dan serjng dikaitkan dengan genetik asal. Beberapa katarak ini juga dijumpai dari ibu yang menderita Rubella selama kehamilan semester pertama. Tindakan operasi dapat dilakukan pada usia muda diindikasikan untuk pertolongan penglihatan.

3.  Traumatik Cataract

Biasa dijumpai pada cedera kontusi. Selain itu luka tembus dapat merobek kapsul lensa, sehingga aqueous humour akan melunakkan protein lensa, dan biasanya menyebabkan opasitas utama.

4. Secondary Cataract

Hal ini disebabkan oleh proses inflamasi pada mata (uveitis) dan biasanya dimulai dengan opasitas pada bagian posterior lensa. Sedangkan penyebab lainnya bisa berasal dari retinitis pigmentosa, glukoma, dan jarang terjadi adalah terlepasnya retina. Pada pekerja industri metal atau blacksmiths, atau pekerja yang bekerja meniup kaca, katarak ini sering disebut dengan Glassblower Cataract akibat dari radiasi infrared yang diserap oleh iris dan lensa.

5. Katarak Akibat Penyakit Sistemik

Biasanya terjadi bilateral dan ditemui pada pasien dengan myotonia dystrophica, hypoparatyroid, diabetes, dan down syndrom.

6. Toxic Cataract

Opasitas lensa dilaporkan karena terpapar dengan bahan kimia secara inhalasi, dan juga penggunaan topikal maupun sistemik kortikosteroid.

 

PEMERIKSAAN MATA

Pemeriksaan mata pada pekerja sebaiknya melibatkan ophtalmologist. Pemeriksaan bisa meliputi visual acuity testing, refraction, tekanan intraocular, slit lamp microscopy, ophtalmoscopy.

 

RADIOMETRY

Pemeriksaan rediometry diperlukan dengan melakukan pemeriksaan pyroelektrik. Hal ini untuk menentukan seberapa besar paparan dosis radiasi yang diterima oleh pekerja dalam shift 8 jam kerja.

 

PPE

Disarankan penggunaan PPE sesuai dengan hazard yang didapatkan.

 

Sumber :

* Occupational and Environmental Medicine , edisi keempat, 2004

* NIOSH

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

banner 468x60)

cataract katarak

Author: 
author

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply