Aman kah Larutan Baking Soda Diminum Setiap Hari ?

banner 468x60)

Akhir-akhir ini penulis menjumpai fenomena berbagai macam promosi di media social mengenai penggunaan Sodium Bicarbonate atau sering dikenal sebagai Baking Soda. Dan lebih-lebih terdapat penggunaan bahan ini untuk diberi nama minuman alkali untuk kesehatan bagi dewasa dan anak-anak. Sering orang bertanya pada penulis apakah aman atau tidak? Kali ini kami ingin meluruskan melihat dari pandangan medis.

APA ITU BAKING SODA ?

Selama ini baking soda digunakan untuk campuran roti dengan tujuan membuat roti lebih mengembang.

Natrium bikarbonat atau Sodium Bicarbonate  adalah senyawa kimia dengan rumus kimia NaHCO3. Dalam penyebutannya kerap disingkat menjadi bicnat . Senyawa ini termasuk kelompok garam dan telah digunakan sejak lama. Bahan ini berbentuk dasar kristal yang mudah larut didalam air.

Untuk memperoleh bicnat dihasilkan dari senyawa natrium klorida, amonia dan karbon dioksida sehingga menghasilkan endapan garam bicnat. Selain itu bicnat diproduksi dari soda abu  (Na2CO3) yang dilarutkan dalam air bersama karbon dioksida sehingga menghasilkan endapan garam bicnat.

REAKSI KIMIA BICNAT

  1. NaHCO3 (bicnat) + H2O (air) akan menjadi NaOH + H2O + CO2. CO2 inilah yang berfungsi menjadikan roti mengembang.
  2. NaHCO3 + HCl maka akan memghasilkan NaCl + H2O + CO2
  3. Lalu bagaimana dengan baking soda yang dicampur air ? Ini penjelasannya dimulai dari point (1) kemudian larutan ini diminum. Masuk ke lambung apa yang terjadi ? Karena reaksi pada poin (1) menghasilkan basa kuat maka dilambung akan bereaksi dengan asam lambung (HCl) yang merupakan asam kuat sehingga reaksinya sbb : NaOH + H2O + HCl akan menghasilkan NaCl + 2H2O. NaCl merupakan garam.

PENGGUNAAN BICNAT

1. Non medis

Bicnat bisa digunakan secara aman untuk keperluan membersihkan kotoran, menghilangkan noda. Selain itu penggunaan bicnat sering di pakai luas dalam industri bakery untuk pembuatan roti.

2. Medis

Bicnat pada umumnya digunakan untuk terapi :

  • Hyperacidity lambung, merupakan antasid dengan masa kerja yang cepat pada pasien dengan nyeri uluhati.
  • Acidosis metabolic, hal ini pada pasien dengan kadar asam tinggi dalam darah
  • Diare berat

EFEK

Penggunaan bicnat tidak dianjurkan pada pasien dengan :

  1. Mual, kembung akibat akumulasi gas dalam lambung.
  2. Pada dosis besar akan kehilangan calsium dalam diet anda. Hal ini disebut sebagai milk alkali syndrome.
  3. Diet rendah garam atau natrium. Hal ini didasarkan pada tiap 100 gram baking soda akan menghasilkan 27.360 gram garam.
  4. Alergi terhadap bicnat dan dapat menyebabkan iritasi kulit.
  5. Retensi urine (berkurangnya produksi urin), hal ini akan menyebabkan kenaikan kadar asam urat sehingga akan menyulitkan pengobatan asam urat sehingga akan mempermudah timbulnya batu ginjal akibat asam urat yang berlebihan.
  6. Pada pasien hipertensi, CHF (Congestive Heart Failure) atau gangguan jantung dan bisa disertai irregular heartbeat, dan gangguan ginjal.
  7. Oedema atau pembengkakan akibat retensi urine.
  8. Tidak dianjurkan kepada ibu hamil karena resiko terhadap pre eklamsia atau eklamsia akan meningkat, selain itu dapat menembus air susu.

INTERAKSI BICNAT DENGAN PENGOBATAN LAIN

  • Symphatomymetik : Pseudoefedrin. Obat ini sering ditemui pada obat flu. Bicnat akan meningkatkan efek dari pseudoefedrin.
  • Anorexiants (phentermine), azole antifungals (itraconazole), cephalosporins (cephalexin), corticosteroids (prednisone), corticotropin, lithium, or tetracyclines (doxycycline), semuanya ini bisa menurun efektifitasnya bila dikonsumsi bersama dengan bicnat.

SEDIAAN

  1. Powder : banyak beredar dipasaran umum dalam bentuk powder.
  2. Tablet
  3. Injection

Jadi amankah bicnat dijadikan minuman dan dikonsumsi tiap hari ?

Tidak. Bicnat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi tiap hari terlebih untuk konsumsi anak-anak. Karena yang diminum adalah garam. Larutan bicnat yang merupakan larutan basa kuat apabila diminum akan langsung bereaksi dengan asam lambung sehingga cairan nya menjadi netral menghasilkan residu garam NaCl yang larut dalam air dan juga menghasilkan CO2 jika bicnat dikonsumsi langsung tanpa pelarut air. Penggunaan ini sangat berhati-hati dalam indikasi kesehatan dan monitoring dokter.

 

banner 468x60)

baking soda garam NaHCO3 natrium bicarbonate sodium bicarbonate

Author: 
author

Related Post

banner 468x60)

Comments are closed.