Kunyit Putih (Temu Mangga)

banner 468x60)

images

1. Nama tumbuhan

* Nama daerah : Temu mangga, kunir putih atau temu putih (Jawa).

* Nama asing: temu pauh (Malaysia), kha min khao (Thailand).

2. Klasifikasi tumbuhan

  • Nama Latin : Curcuma Mangga
  • Divisi : Spermatophyta
  • Subdivisi : Angiospermae
  • Kelas : Monocotyledoneae
  • Bangsa : Zingiberales
  • Suku: Zingiberaceae
  • Marga: Curcuma
  • Jenis: Curcuma mangga Val.

Satu lagi dari sekian 99 jenis curcuma di dunia, mengandung manfaat yang luar biasa. Jenis tumbuhan curcuma memang sangat mudah ditemukan di Indonesia. Berbagai penelitian telah berhasil menemukan manfaat dari temu mangga ini yaitu bersifat anti-kanker.

Penelitian diantaranya  :

  1. Aktivitas kemoprevensi ekstrak temu mangga ditentukan berdasarkan pengukuran aktivitas antioksidan menggunakan metode bilangan peroksida dan aktivitas glutathione-S-transferase (GST) pada medium kultur dan sel lisat (aktivitas GST total) sel Chang. Hasil yang didapat menunjukkan bahwa ekstrak etanol memiliki aktivitas antioksidan yang tinggi, yang disebabkan oleh senyawa fenolik. Pemberian fraksi 4 dan fraksi 7 pada medium kultur sel Chang menunjukkan peningkatan aktivitas GST masing-masing sebesar 47 % dan 15 % dibandingkan dengan kontrol. Aktivitas GST total (GST sitosol dan GST mikrosomal) mengalami peningkatan ketika H2O2 dan Fe2+ diberikan ke dalam medium sel Chang sebagai inisiator radikal bebas. Penurunan aktivitas GST total terjadi ketika pada medium sel Chang diberikan tambahan fraksi 4 dan fraksi 7 ekstrak etanol dibandingkan dengan yang hanya diberikan H2O2 dan Fe2+ (Tedjo et al., 2005) mampu menekan terjadinya stres oksidatif yang dapat diamati mampu menginduksi aktivitas glutation-S-transferase (GST).- (Hasil penelitian dari Farmasi UGM, Indonesia).
  2. Hasil penelitian Dr. Retno S Sudibyo yang dimuat dalam Tempo 30 Mei 1999 menyebutkan bahwa Curcuma mangga mengandung “protein toksis”. Sejenis Ribosome in Activating Protein (RIP). Inilah protein yang mampu menonaktifkan Ribosom, sehingga sintesa protein di dalam sel terganggu. Protein tersebut lebih mudah melakukan penetrasi ke dalam sel kanker daripada sel sehat. Akibatnya sel kanker tidak dapat berkembang biak. Karena sel kanker memiliki batas umur, maka lama kelamaan akan habis dengan sendirinya.
  3. LBS4847 adalah fraksi bioaktif standar Curcuma mangga. Dalam penelitian ini, kami menggunakan kanker prostat (PC) -3 sebagai garis sel untuk mempelajari efek dari DLBS4847 pada viabilitas sel prostat, serta perubahan molekul yang terkait terkait dengan jumlah sel menurun. Pengamatan menunjukkan bahwa DLBS4847 menghambat pertumbuhan sel PC3 melalui downregulation dari 5α-reduktase (5AR) jalur. Pada tingkat transkripsi, 5AR1 dan androgen-reseptor ekspresi gen yang menurunkan regulasi dengan cara yang tergantung dosis. Selain itu, 5AR-1 dan ekspresi dihidrotestosteron juga menurunkan regulasi di tingkat protein. Sebuah studi microarray juga dilakukan untuk melihat efek dari DLBS4847 ekspresi gen diferensial pada kanker prostat 3 sel. Antara lain, DLBS4847 menurunkan regulasi gen yang berhubungan dengan pertumbuhan prostat dan hipertrofi. Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa DLBS4847 berpotensi menjadi pengobatan alternatif untuk gangguan prostat, seperti hiperplasia prostat jinak. Dalam hal ini, DLBS4847 diberikannya penghambatan pertumbuhan sebagian melalui downregulation dari jalur 5AR (Penelitian dari Agung Heru Karsono, Olivia Mayasari Tandrasasmita, Raymond R Tjandrawinata)
  4. Investigasi pada efek sitotoksik metanol mentah dan ekstrak difraksinasi (heksana, etil asetat) C. mangga terhadap enam baris sel manusia kanker, yaitu sel saluran payudara tergantung hormon (MCF-7), garis sel epidermoid nasofaring (KB), baris sel paru-paru (A549), garis sel serviks (Ca Ski), garis sel usus (HCT 116 dan HT-29), dan satu non-kanker garis sel fibroblast manusia (MRC-5) dilakukan dengan menggunakan in-vitro merah netral assay sitotoksisitas. Metanol mentah dan ekstrak difraksinasi (heksana dan etil asetat) ditampilkan efek sitotoksik terhadap MCF-7, KB, A549, Ca Ski dan HT-29 baris sel, tetapi diberikan tidak ada kerusakan di jalur MRC-5. Investigasi kimia dari fraksi heksana dan etil asetat menghasilkan isolasi tujuh senyawa murni, yaitu (E) -labda-8 (17), 12-dien-15,16 tanpa melalui operator (1), (E) -15,16 -bisnor-Labda 8 (17), 11-dien-13-on (2), zerumin A (3), β-sitosterol, kurkumin, demethoxycurcumin dan bis-demethoxycurcumin. Senyawa 1 dan 3 menunjukkan efek sitotoksik yang tinggi terhadap semua enam baris sel kanker yang dipilih, sedangkan senyawa 2 tidak menunjukkan aktivitas anti-proliferasi pada garis sel diuji. Senyawa 1 juga menunjukkan sitotoksisitas yang kuat terhadap garis sel normal MRC-5. Ini laporan kertas untuk pertama kalinya kegiatan sitotoksik C. mangga ekstrak pada KB, A549, Ca Ski, HT-29 dan MRC-5, dan terjadinya senyawa 2 dan 3 di C. mangga. (Penelitian dari Sri Nurestri A. Malek,et.al- Judul penelitian : Phytochemical and cytotoxic investigations of Curcuma mangga rhizomesDikutip dari MDPI).

Penggunaan secara tradisional, digunakan sebagai :

  • Antipiretik (penurun panas), antitoksik (menangkal racun), laksatif (pencahar) dan Antioksidan. 
  • Mengecilkan rahim sesudah persalinan.
  • Menyempitkan organ kewanitaan.
  • Mengurangi lemak perut, menambah nafsu makan.
  • Menguatkan syahwat, mengatasi gatal-gatal pada vagina, gatal-gatal (pruiritus).
  • Sesak napas (asma), radang saluran napas (bronchitis).
  • Sakit perut, demam, kembung dan masuk angin.

Reference :

  • Journal Farmasi UGM.
  • Molecular effects of bioactive fraction of Curcuma mangga(DLBS4847) as a downregulator of 5α-reductase activity pathways in prostatic epithelial cells;Agung Heru Karsono, Olivia Mayasari Tandrasasmita, Raymond R Tjandrawinata, June 2014.
  • Phytochemical and cytotoxic investigations of Curcuma mangga rhizomes;Sri Nurestri A. Malek, et.al; 31 May 2011.
  • Ribosome Inactive ProteinDr. Retno S Sudibyo yang dimuat dalam Tempo 30 Mei 1999.
banner 468x60)

curcuma kunyit kunyit putih rhizome

Author: 
author

Related Post

  •           Nama Latin : Curcuma

banner 468x60)

Leave a reply